UNUSA S1 PGPAUD






Pendidikan merupakan faktor yang mendasar dalam membentuk karakter bangsa.  Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini di jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Sejalan dengan tuntutan kualifikasi tersebut, maka pada tahun 2013 ini, STIKES YARSIS merubah  status menjadi Universitas Nahdlatul Ulama  Surabaya.  Prodi PGPAUD merupakan prodi yang mendapat izin penyelenggaraan dari Dikti berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no.265/E/O/2013 tentang izin perubahan bentuk STIKES YARSIS menjadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) pada Tanggal 02 Juli 2013 mempunyai ciri khas  yang berbeda dengan prodi PGPAUD lainnya yaitu pelatihan pembekalan penanganan (terapi) AUD terhadap Anak Berkebutuhan Khusus, yang ditunjang dengan beberapa mata kuliah terkait, antara lain ABK, Bimbingan Konseling AUD, Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK),Psikologi Perkembangan, dan Kesehatan dan Gizi AUD yang menunjukkan ciri khas dari PGPAUD Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya yang berbasis kesehatan

 Untuk dapat memiliki sebuah daya saing yang baik, seorang Mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan harus mempunyai kompetensi beserta buktinya.Kompetensi adalah hal penting yang harus dimiliki seorang freshgraduate saat mulai menginjak di dunia pekerjaan,karena itulah di masa sekarang ada beberapa lembaga sertifikasi untuk mensertifikasi kompetensi sebuah profesi.


“Ketika di dunia kerja tidak hanya ditanya lulusan apa tetapi bisanya apa? Nah pertanyaan bisa apa ini merujuk pada kompetensi yang dimiliki (mahasiswa). Sehingga Unusa menyiapkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” ujar Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (LSP Unusa) Ir Sukemi.

Jadi terwujudnya penyelenggaraan program S1 PG PAUD yang mampu menghasilkan pendidikan anak usia dini yang berkepribadian Islami, profesional, berjiwa wirausaha, dan memiliki keunggulan dalam Ipteks, serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi pada masyarakat.


Keunggulan 

  1. Mencetak tenaga pendidik AUD yang islami
  2. Mampu mendeteksi permasalahan peserta didik sejak dini

Visi

Terwujudnya penyelenggaraan program S1 PG PAUD yang mampu menghasilkan pendidik anak usia dini yang berkepribadian Islami, profesional, berjiwa wirausaha, dan memiliki keunggulan dalam Ipteks, serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi pada masyarakat.


Misi


  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam rangka mengembangkan berbagai kemampuan dasar yang diperlukan untuk mendidik anak usia dini.
  2. Melaksanakan penelitian dalam rangka mengembangkan ilmu pendidikan anak usia dini.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan ilmu pendidikan anak usia dini.

Website: unusa.ac.id



referensi :
 https://fkip.unusa.ac.id/program-studi/s1-pgpaud/


Blog teman saya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran mahasiswa dalam kepedulian lingkungan untuk kesehatan dan perwujudan indonesia maju

Implementasi UNUSA dalam Kampus Merdeka Belajar